Friday, April 15, 2011

Wabah Ulat Bulu Trend di Indonesia





  Tau gak apa sih yang trend di Indonesia?Pasti pada tau kan?Indonesia sedang gempar ulat bulu^^. Wow ngeri yah,apalagi bagi cewek nech pasti pada geli melihatnya^^. Konon katanya sih Ulat bulu ini sudah menyerang daerah Jawa hingga bali.


 Sebenernya pada tau gak nech tentang sejarah ulat ini. Apa sih ulat bulu itu?Ulat bulu merupakan bagian larva yang termasuk ordo Lepidoptera. Sebagian besar hewan ini mengkonsumsi tumbuhan (herbivora) dan serangga. Hewan berbulu yang membuat tubuh kita gatal-gatal jika menyentuhnya ini merupakan hewan yang rakus.


 Dilihat dari Etimologi si Ulat Bulu ini berasal dari awal abad 16, nama ulat bulu atau caterpillars itu sendiri diambil dari bahasa Negara Prancis lama yaitu catepelose yang berarti kucing (cattus: bahasa Latin) dan pelose yang artinya bulu.


 Nama ulat bulu bukan hanya itu saja, hewan yang sedang menyerang beberapa daerah indonesia ini mempunyai nama lain disebut dengan geometrids atau inchworms. Nama tersebut diberikan kepada ulat bulu karena tingkahnya yang seolah-olah bergerak mengukur bumi.


 Sama-sama kita ketahui, hewan yang di indonesia disebut ulat bulu ini mempunyai tubuh yang lunak dan ternyata bulu-bulu yang membuat kita gatal saat menyentuhnya itu bisa tumbuh dengan cukup cepat loh.
Walau si ulat bulu ini mempunyai tubuh yang lunak, namun ia tetap mempunyai bagian tubuh yang keras. Bagian kepala dari ulat bulu adalah bagian tubuh yang keras, disamping itu hewan pembuat gatal satu ini diketahui mempunyai rahang yang kuat untuk mengunyah daun.Tapi tidak semua Ulat Bulu mempunyai rahang yang kuat, untuk ulat bulu yang sudah dewasa rahang mereka terbilang lebih lembut.


 Nah dibalik rahang ulat bulu itu tersimpan sebuah fitur alat pemintal, alat pemintal tersebutlah yang diketahui dapat menghasilkan sutra. Hebat bukan, meskipun sering membuat manusia rugi dalam serangan ulat bulu di bumi namun hewan satu ini bisa menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi manusia, coba anda bayangkan berapa harga kain sutra.


 Seringkali ada beberapa larva dari ordo Hymenoptera (semut, lebah dan tawon) disangka adalah ulat bulu dari ordo Lepidoptera. Namun jika sangat diperhatikan akan nampak beberapa perbedaannya, yang paling terlihat adalah di bagian perut. Selain itu juga terdapat perbedaan dibagian depan kepala, tampak ada jahitan seperti huruf Y.


 Untuk memudahkan si ulat bulu ini menjelajhi bumi atau melakukan serangan ulat bulu di bumi, hewan satu ini dibekali warna yang agak buram menyerupai warna daun yang mereka makan. Namun tidak semua ulat bulu mempunyai warna buram, ada beberapa dari hewan berbulu penghasil sutra ini yang mempunyai warna mencolok nan indah.


 Nah udah tau kan tentang ulat bulu, mulai sekarang hati-hatilah. Jaga kebersihan diri anda dan lingkungan anda. Bagi yang sudah terkena ulat bulu segeralah membersihkan diri anda dan mencuci pakaian atau barang yang terkena ulat bulu. Jika masih ada gatal-gatal dalam diri anda periksa dan berobatlah di PUSKESMAS terdekat secara cuma-cuma.

No comments:

Post a Comment